Minggu, 12 Juni 2011

Gambaran Umum

A. Gambaran Umum Kelurahan BahagiaGambaran umum kelurahan secara administratif Kelurahan Bahagia termasuk salah satu kelurahan di Kabupaten Bekasi yang berbatasan langsung dengan wilayah Kotamadya Bekasi, dengan luas wilayah + 618 ha. 

Kelurahan Bahagia adalah wilayah penyanggah Ibu Kota Negara dan menjadi wilayah yang diperuntukkan sebagai daerah permukiman.Kelurahan Bahagia adalah salah satu dari 7 (tujuh) dan 2 (dua) Kelurahan di wilayah Kecamatan Babelan yang berada di sebelah barat Ibu Kota Kecamatan. 

Kelurahan Bahagia mempunyai tiga akses jalan yang menghubungkan ke Kecamatan Kaliabang Tengah yaitu jalan Ujungharapan dan jalan Perjuangan yang menghubungkan ke Kelurahan Teluk Pucung dan Kelurahan Babelan Kota, serta Jalan KH. Ahmad Tajuddin yang merupakan akses menuju Pusat Pemerintahan Kecamatan Babelan.

Sedikit melihat ke belakang tentang Kelurahan Bahagia dari zaman kemandoran Kelurahan Bahagia (1930) Kelurahan Bahagia bernama Kampung Ujung Malang yang dipimpin oleh seorang mandor bernama H. PI’IH (1930 – 1935).  Pada periode 1935 – 1940 Kampung Ujung Malang dipimpin seorang mandor bernama H. MOCHAMAD ALI. Selanjuntya pada periode 1940 – 1945 dipimpin oleh seorang mandor bernama M. ALI. pada akhir zaman kemandoran, kampung ujung malang dipimpin oleh H. MOHAMMAD TOYYIB (1945-1953).

Pada tahun 1953 kemandoran dihapus dan diganti menjadi KELURAHAN UJUNG MALANG TENGAH, di awal perubahan itu yang menjadi Kepala Kelurahannya adalah H. MARDJUKI (1953-1968). Pada tahun 1968-1974 Kelurahan Ujung Malang Tengah dipimpin oleh H. MA’ALI SYAMSUDDIN.

Pada masa kepemimpinan H. Ma’ali Syamsuddin terjadi perubahan dari Kampung Ujung Malang Tengah menjadi KELURAHAN BAHAGIA yang diprakarasi oleh ALM. H. ADAM MALIK yang saat itu memangku jabatan Menteri Luar Negeri Negara Republik Indonesia. ketika bersilaturrahmi kepada ALM. ALMAGHFURLAH KH. NOER ALIE. Dan tepatnya pada tahun 1970 nama Kampung Ujung Malang menjadi Ujungharapan.

Periode 1974 – 1976 Kelurahan Bahagia dipimpin oleh H. AMIN. Pada tahun 1976 – 1978 Kepala Kelurahan Bahagia adalah bapak M. BAKRI yang lajutkan oleh bapak ENDJANG SOEKARDI, BA. Pada tahun 1978 – 1998 Kelurahan Bahagia dipimpin oleh bapak H. A. WARDI MURDANI, pada saat itu Kelurahan Bahagia dimekarkanmenjadi 2 (dua) Kelurahan yaitu Kelurahan Bahagia dan Kelurahan Kebalen. pada tahun 1998 – 1999 Kelurahan Bahagia dipimpin oleh bapak H. DJUNAIDI. yang dilanjutkan oleh bapak BUCHORI MUSLIM seorang Pjs yang menghantarkan kepada pemilihan kepala Kelurahan yang akhirnya Kelurahan Bahagia dipimpin oleh bapak H. MOH. MAMIE AR.

Pada masa itu banyak perubahan yang berarti pula dalam pembangunan Kelurahan di segala bidang, sampai akhirnya Kepala Kelurahan beserta tokoh Ulama dan masyarakat sepakat mengajukan permohonan kepada Pemda Kabupaen Bekasi untuk perubahan status Kelurahan menjadi kelurahan, maka pada tanggal 13 oktober 2008 ditunjuklah seorang Pejabat Kepala Kelurahan Bahagia (Subrio Dehan, S.Ap) yang menghantarkan Kelurahan Bahagia menjadi Kelurahan.Sampai akhirnya pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2009 secara resmi Kelurahan Bahagia berubah statusnya menjadi Kelurahan Bahagia.

1. Keadaan Penduduk (Demografi)
Kelurahan Bahagia dengan luas 618 ha. terdiri dari 44 RW yang meliputi 305 RT. dengan jumlah penduduk 54.563 jiwa. terdiri dari laki-laki 27.005 jiwa dan perempuan 27.558 jiwa dengan jumlah KK 13.024.Laju pertumbuhan penduduk yang sangat pesat, hingga penduduk alamiah atau pribumi sama banyaknya dengan penduduk migrasi.

2. Penggunaan Lahan
Luas wilayah tersebut terdiri dari 489 ha wilayah permukiman, 40 ha pertanian, 5 ha digunakan untuk perkantoran, 1 ha digunakan untuk taman, 2 ha berupa danau penampungan air, 1 ha pemakaman umum dan 80 ha digunakan untuk sarana dan prasarana umum.

Perubahan Tata Ruang yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi berdampak bagi lahan di Kelurahan Bahagia yang tadinya diperuntukkan sebagai lahan pertanian berubah menjadi lahan permukiman dan centra bisnis. Ribuan rumah telah dibangun oleh pengembang seperti : - Perumahan Pondok Ungu Permai - Perumahan Pondok Ungu Permai Sektor V- Perumahan Candrabaga- Perumahan Griya Asri Bahagia- Perumahan Vila Gading Harapan- Perumahan Graha Harapan dan- Pusat Perbelanjaan Marrakash Square

3. Kondisi GeografisKelurahan Bahagia berada di 1070 bujur timur dan 600 lintangselatan, dengan ketinggian 0-7 m. dari permukaan laut. dengansuhu max 290c dan suhu min 280c. 
Kelurahan Bahagia termasukdataran rendah yang beralam trofis dengan musim yang silihberganti (hujan dan kemarau).Batas Kelurahan Bahagia terdiri dari :
- Sebelah Utara : Desa Babelan Kota
- Sebelah Timur : Kelurahan Kebalen dan Teluk Pucung
- Sebelah Selatan : Kelurahan Perwira
- Sebelah Barat : Kelurahan Kaliabang Tengah

4. Letak Orbitasi 
Orbitasi atau jarak dari pusat Pemerintahan Kabupaten bekasi + 30 km, sedangkan jarak dari Ibu Kota Negara Republik Indonesia + 15 km (Cakung), ke pusat pemerintahan tingkat Kecamatan, Kelurahan Bahagia perlu menempuh jarak + 4 km. jarak tempuh ke pusat Pemerintahan Provinsi + 170 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar